Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Wednesday 13 August 2008

PANTAI DALEGAN GRESIK
















Bulan Juli 2008, keluarga besar Kediri ada hajatan di Lamongan. Adik Anton menikah dengan gadis pesisir pantai Lamongan. Acara akad nikah dan resepsi dilaksanakan pada hari Minggu. Malamnya kami (kel. Surabaya & Kel. Jakarta) menginap di Lamongan, sedangkan Ibunda (kel. Kediri) & adik (kel. Blitar) langsung pulang setelah selesai acara resepsi.

MENIKMATI PANTAI WISATA DALEGAN

Pagi hari, selesai sarapan dirumah kel. temanten (di desa Paciran), kami merencanakan berenang di Wisata Bahari Lamongan. Tapi kel. Lamongan menyarankan untuk wisata ke Pantai Dalegan dulu.

"Pantai Pasir Putih, bagus pantainya, bersih dan masih alami. Lokasinya dekat dari sini. Kalo sepagi ini, WBL belum buka, jadi lebih baik ke Pantai Dalegan dulu," promosi kel. Lamongan.

Kami semua setuju dan segera bersiap untuk menikmati pagi hari di pantai Dalegan. Temanten baru ( Anton & adik Faur) ikut serta dalam rombongan.

Pantai Dalegan terletak di Kec. Panceng, Kab. Gresik. Kec. Panceng berbatasan langsung dengan Kab. Lamongan (Kec. Paciran). Jadi dari rumah dik Faur -/+ 15 menit perjalanan.

Kalo dari Surabaya berjarak sekitar 50 kilometer. Perjalanan dapat ditempuh melalui jalur Pantura atau lewat jalan TOL Surabaya - Gresik arah Manyar (arah WBL Lamongan). Rute-nya TOL Surabaya-Gresik arah Manyar, Bungah, Sidayu terus ke Panceng. Di daerah Panceng (ke arah Wisata Bahari Lamongan) akan kita temui petunjuk tulisan "PANTAI DALEGAN". Ikuti saja jalan pedesaan yang sudah diaspal mulus sampai menemukan Pantai Dalegan.

Untuk masuk di kawasan pantai, kita akan ditarik Rp. 1.500,- bagi orang dewasa, dan Rp. 1.000,- bagi anak-anak. Petugas di pos jaga akan memberikan karcis masuk dan stiker Pantai Dalegan.
















Pantai Dalegan masih alami dan berpasir putih. Sangat nyaman duduk-duduk beralas pasir pantai yang lembut. Sejauh mata memandang hanya hamparan birunya laut yang membentang luas sampai di kaki langit. Cuaca cerah, langit berwarna biru dan sinar mentari terasa hangat menyentuh kulit.

Deburan ombaknya kecil, jadi pantai terlihat tenang dengan alunan ombak yang lembut. Sangat menyenangkan buat berenang dan bermain air dengan menggunakan ban.

Kawasan pantai sudah dilengkapi dengan gazebo dan bangku-bangku buat tempat duduk. Beberapa warga sekitar menyewakan ban buat berenang. Namun sayang, hanya sedikit pepohonan yang tumbuh di area pantai.

Di depan pantai, banyak warga sekitar yang membuka warung makan, toko souvenir dan menyediakan Kamar Mandi (KM) buat bilas setelah selesai berenang.

Wah, ternyata asyik dan menyenangkan, menikmati indahnya Pantai Dalegan. Bisa jadi tujuan wisata sebelum menuju ke Wisata Bahari Lamongan (WBL).



Saat sinar mentari terasa makin menyengat, kami segera beranjak meninggalkan Pantai Dalegan. Menuju ke rute berikutnya : Wisata Bahari Lamongan.









SELAMAT BERLIBUR DI PANTAI DALEGAN
(Ernik S.)

1 comment:

  1. hiks,
    jadi sedih lebaran th ini g bs pulang ke dalegan.
    yg mustinya sdh bs menikmati pasir putih di dalegan.
    tunggu aku yah.. welcome home dr kediri ke dalegan T_T

    ReplyDelete