Saturday, 7 August 2010

BENGKEL HATI USTAD DANU

Kami sekeluarga sering melihat acara TV Bengkel Hati yang diasuh oleh Ustad Danu. Bengkel Hati disiarkan di TPI setiap hari Minggu dan Senin, pukul 05.00 pagi WIB.

Bengkel Hati adalah acara yang disiarkan secara live dan interaktif usai sholat Subuh dari masjid AnNida TPI. Merupakan acara siraman qolbu dan ceramah agama yang diselingi dengan konsultasi masalah kesehatan. Para jamaah / penonton bisa bertanya dan berkonsultasi langsung dengan Ustad Danu.

Dalam kata pengantarnya, Ustad Danu sering menekankan pemahaman :
  • segala macam penyakit yang datang, sebenarnya disebabkan oleh perbuatan manusia itu sendiri / berasal dari diri manusia itu sendiri.
  • penyakit yang terjadi karena kesalahan mereka sendiri, oleh tingkah laku kita sehari-hari yang kurang baik atau akhlak kita yang tidak sejalan dengan tuntunan Al-Qur'an
  • segala bencana atau musibah itu akibat ulah manusia sendiri.

Dalam proses penyembuhan segala macam penyakit, Ustad Danu selalu mengingatkan para jamaah agar :
  • menjaga sholat fardhu (wajib) : jangan sampai ditinggalkan, ditambah dengan mengerjakan sholat Tahajud
  • memperbanyak istighfar / memohon ampun kepada Allah SWT.
  • berdo'a dengan kesungguhan memohon kesembuhan dari Allah dan yakinlah Allah SWT. akan mengabulkan do'a kita.

Berikut ini rangkuman berbagai macam penyakit yang sering dikonsultasikan di Bengkel Hati Ustad Danu oleh para jamaah :

Sakit lever, peradangan hati, kanker hati
Penyebab:
Menurut Ustad Danu, orang tersebut biasanya pendiam, mudah jengkel terhadap orang lain, menyimpan perasaan dongkol di dalam hati, cenderung mempunyai sifat yang sangat kaku, mempunyai dendam yang masih tersimpan.
Solusinya:
harus merubah sikap menjadi lebih baik, hilangkan dendam terlebih dahulu, berusaha memaafkan orang-orang yang berbuat kesalahan padanya, dengan memaafkan, maka hati akan menjadi lebih lembut, terhindar dari perasaan dendam dan dengki yang merusak.
    Sakit pada lambung, sakit maag
    Penyebab :
    biasanya disebabkan oleh sikap yang sering / cenderung emosional, sikap yang terlalu kaku atau gampang marah, memendam marah / jengkel di keluarga.
    Solusinya :
    mencoba untuk lebih sabar dalam bersikap, santai dalam menghadapi setiap persoalan, belajar mau mendengarkan nasihat dengan baik serta tidak merasa benar sendiri.
      Asam urat
      Penyebab :
      mempunyai masalah komunikasi dengan keluarga, tidak luwes dalam keluarga, cenderung memaksakan kehendaknya.
      Solusinya :
      merubah sikap menjadi lebih baik, merubah cara bicara menjadi lebih santai dan rileks.

      Sakit telinga (telinga berdengung, telinga tidak bisa mendengar)
      Penyebab :
      biasanya disebabkan oleh sikap sering marah-marah / emosional apabila mendengarkan kata-kata yang tidak cocok / tidak enak (mudah tersinggung), kalau dinasihati suka menolak, dinasihati kebaikan tidak mau mendengarkan (tidak mau mendengar nasihat orang lain).
      Solusinya :
      mendengarkan nasihat dari orang lain secara baik dan tidak mengabaikan, jangan mudah tersinggung apabila ada perbedaan dengan orang lain.

      Diabetes
      Penyebab :
      disebabkan oleh sikap sering memaksakan kehendak kepada orang lain, menganggap pendapatnya yang paling benar dan harus diikuti (egoisme), suka mengatur, selalu merasa nasihatnya yang paling benar.
      Solusinya :
      merubah sikap menjadi lebih baik, jika menginginkan sesuatu.. cobalah meminta tolong dengan lemah lembut dan tidak kaku, jangan bersikap memaksa, cobalah untuk bisa menerima pendapat dari orang lain.

      Asma / sesak nafas
      Penyebab :
      biasanya disebabkan oleh amarah yang dipendam, sering menahan marah / emosi, emosi yang tertekan dan tertutup, memendam perasaan jengkel / kesal yang begitu lama pada seseorang.
      Solusinya :
      tidak memendam amarah, namun juga tidak mengumbar amarah, tetapi meyelesaikan permasalahan, melepaskan perasaan jengkel / kesal dari dalam pikiran, merubah sikap menjadi lebih terbuka.

      Pusing-Pusing / Migrain
      Penyebab :
      biasanya disebabkan oleh sikap : sering berpikir terlalu berat, banyak pikiran, sering merasa curiga, sering berpikir negatif, merasa pendapatnya benar sendiri, kalau menyuruh orang lain dengan marah.
      Solusinya :
      merubah sikap menjadi lebih baik, lebih sabar, selalu berpikir positif dan berbaik sangka kepada orang lain.

      Anak menderita sakit
      Penyebab :
      Menurut Ustad Danu apabila ada anak kecil yang belum akil baligh menderita sakit, biasanya disebabkan oleh sikap, tingkah laku dan akhlak orang tuanya yang salah (disebabkan oleh dosa orang tuanya).
      Misalnya : orang tua sering emosional / marah-marah, sering bertengkar, bersikap putus asa, bersikap kaku / keras kepala, mau menang sendiri, ada perasaan jengkel / dongkol yang dipendam.
      Sehingga Allah memberi peringatan dan teguran berupa sakit pada anaknya.
      Solusinya :
      merubah sikap menjadi lebih baik, saling memaafkan antara suami & istri, saling memahami satu sama lain, selalu berpikir positif, mengendalikan emosi, menjaga lisan, jangan suka marah, bersikap lebih sabar & arif dalam menghadapi persoalan keluarga.

      Sebenarnya masih banyak sekali macam penyakit yang dikonsultasikan di Bengkel Hati TPI oleh para jamaah. Yang terpenting bagi kita adalah introspeksi diri atas segala perbuatan dan tingkah laku kita sehari-hari.

      Rasulullah Muhammad SAW. bersabda :
      "Mohonlah kepada Allah kesehatan (keselamatan). Sesungguhnya karunia yang lebih baik sesudah keimanan adalah kesehatan (keselamatan)"
      (HR. Ibnu Majah)


      INTI DARI BENGKEL HATI


      InsyaAllah.., jika kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sungguh.., hidup akan terasa lebih tenang, bahagia dan penuh rasa syukur.. sehingga akan menjauhkan dari berbagai macam keluhan penyakit... 

      • Menjaga sholat fardhu (wajib) : jangan sampai ditinggalkan, ditambah dengan mengerjakan sholat Tahajud.
      • Belajar mengendalikan emosi : jangan suka marah-marah, jangan memendam perasaan jengkel & dongkol di dalam hati, jangan memendam amarah & kebencian pada seseorang. 
      • Selalu berpikir positif dan berprasangka baik : menjauhkan diri dari pikiran negatif dan buruk sangka. 
      • Jangan menyimpan dendam : dengan menghilangkan dendam, akan mengurangi beban hati dan fikiran. Lupakan dan maafkan saja persoalan masa lalu yang mungkin menyakiti hati. Jadi buang saja dendam itu, kita bisa ringan melangkah..!! 
      • Berjiwa besar : berjiwa besar untuk bisa memaafkan kesalahan orang lain dan melupakan / menghilangkan perasaan dendam. 
      • Bersedia mengakui kesalahan, mau memperbaiki akhlak, mau merubah sikap menjadi lebih baik : belajar bersikap lebih sabar dalam menghadapi masalah, menjaga lisan, menghargai orang lain, bersikap santun, tidak menyakiti orang lain, bersikap jujur dalam kata & perbuatan, menghapus / menghilangkan semua kejengkelan & kedongkolan di dalam hati. 
      • Bersikap ikhlas dan sabar dalam menjalani hidup ini : selalu bersyukur atas karunia, rahmat dan nikmat dari Allah SWT., terus berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT.


          Siapakah Ustad Danu...???
          ( menurut situs akhlakmuliaCenter.com )

          Ir. Djoko Ismanu Herlambang selaku tokoh utama akhlak mulia Center, lahir di Pati
          (4 Desember 1964), kini tinggal di Sleman, Yogyakarta, adalah sarjana Teknik Sipil UII (Universitas Islam Indonesia) Yogyakarta, lebih dikenal dengan panggilan Ustad Mas Danu. Selama bertahun-tahun beliau mempelajari, memperdalam dan mempraktikan isi Al-Qur'an dan As-Sunnah, sehingga dari sanalah Allah SWT. memberikan kepahaman kepada beliau, menemukan hubungan yang erat antara sakit dengan akhlak seseorang.

          Semoga bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya.
          Aamiin Ya Robbal Alamiin...

          11 comments:

          1. NFO : NOOR RAHMAN (Travel Umrah & Haji Khusus Milik Ust. Dhanu)

            Alhamdulillah, atas rahmat dan nikmat Allah SWT , telah hadir di tengah kita NOOR RAHMAN travel umroh & haji plus , yang berawal dari pemikiran dan gagasan yang di prakarsai oleh Ustadz Mas Dhanu.
            NOOR RAHMAN travel sebagai penyelenggara umrah dan haji , Insya Allah memberikan tuntunan dan bimbingan ibadah sesuai syariah dan pelayanan yang baik dalam akomodasi dan transpotasi di tanah suci.
            Semoga Allah SWT berkenan memberikan kepada kita keselamatan dan kemudahan dalam menjalankan ibadah serta wisata rohani yang semata mata kita lakukan hanya untuk memohon keridhaanNya. .Amin

            Alamat :
            PERKANTORAN GARAHA INDAH (GIANT HYPERMART) BLOK B. NO 3

            JL. JATIWARINGIN RAYA-PONDOK GEDE
            TELP : 021-84999110, 84999107, 37484498
            FAX : 021-84999112

            ReplyDelete
          2. Semoga berkah dan sukses.. Amiin..

            ReplyDelete
          3. Assalamualaikum,

            Saya Robby dari medan,
            ingin bertanya :
            Aacara TV Bengkel Hati yang diasuh oleh Ustad Danu. Bengkel Hati disiarkan di MNC TV sekarang mengapa tidak ada lagi ???
            atau pindah kemana ???
            mohon jawabannya...

            ReplyDelete
          4. assalamualaikum...
            Saya irwan dari padang..
            kalo tempurung lutut agak longgar, bisa pindah2 kalo jalan, mengakibatkan saya jatuh, tolong pak kasih solusi dan apa penyebab nya???

            ReplyDelete
          5. Assalamualaikum,
            Saya Elni dari Padang, anak saya berumur 2 tahun yang sampai sekarang belum dapat berbicara.. Mohon solusinya dan apa penyebab hal tersebut ustadz ? Wasalam

            ReplyDelete
          6. dan mohhon doaanya ustadz :) dan kami harap anak kami dapat untuk berbicara

            ReplyDelete
          7. assalamualaikum
            saya ingin bertanya kalo ingin konsultasi ke ustad Dhanu alamay email nya apa yach ?? sebelumnya terimakasih

            ReplyDelete
          8. Assalamu'aikum
            Saya Ingin berKonsultasi Kpada Ustad Dhanu
            Apa Yg Terjadi pada Saat saya tidur/alam Bawah sadar saya diajak Jln2 Bersama sambil Cerita!!!
            mohon Solusinya Ustad

            ReplyDelete
          9. assalamualaikum ustad danu............ saya dah menika 1 tahun lebih..... maau punya anak.... tapi ada kista di ovarium..bagaimana ya ustadz agar saya bisa punya anak????..

            ReplyDelete
          10. Assalamualiakum Ustad saya ada penyakit thyroid bahaiman pengobatannya.Terimakasih

            ReplyDelete
          11. salam Ustad Danu mau tanya cara pengobata penyakit Thyroid dan diabetes .Terimakaseh
            Maria

            ReplyDelete