Tuesday, 8 June 2010

Wisata Jatim Park Malang


Rekreasi keluarga besar Perpustakaan UBAYA


Sabtu, 05 Juni 2010
Pagi ini cuaca terlihat mendung. Awan kelabu menggantung di langit, menutupi wajah sang mentari. Namun suasana mendung yang menyelimuti Surabaya, tak menyurutkan semangat dan keceriaan kami. Satu persatu teman-teman beserta keluarganya datang dan berkumpul di halaman gedung Perpustakaan UBAYA Tenggilis.



Pagi ini, kami akan rekreasi ke Jatim Park Malang. Rekreasi buat refreshing, menjalin keakraban, kebersamaan dan rasa kekeluargaan di antara teman-teman sekantor.


Sekitar jam 08.00 WIB, setelah berdoa bersama dipimpin oleh Bp. Masyhur, bus bergerak perlahan, meninggalkan pelataran UBAYA menuju Malang.




Jatim Park Malang (Taman Belajar dan Rekreasi)



Jatim Park terletak di kota wisata Batu, Malang. Jatim Park merupakan tempat wisata yang memadukan konsep pendidikan dan rekreasi. Memiliki lebih dari 50 wahana yang terbagi dalam area edukatif dan permainan.

Area edukatif meliputi Galeri Etnik Nusantara, Anjungan Jawa Timur & Irian Jaya, Science center Kimia & Biologi, Outdoor Science center Fisika, Galeri Belajar & Science Stadium, Taman Agro, Perahu Dayung, Taman Sejarah, Adegan Prasejarah, Diorama Momentum Sejarah Bangsa, Insectarium, Fosil Binatang Purba dan Baby Zoo.  
(waaahhh..!! banyak sekali...!! tarik nafas dulu, yaa... hhmmmm... baru meneruskan bacanya... yuukkk... lanjut..!!)

Area edukatif yang kedua, memiliki konsep tentang fauna. Area Fauna meliputi Taman Ikan, Rumah Pipa, Taman Reptil dan Taman Burung.

Nah... sekarang membahas tentang area yang asyik dan menyenangkan.. area Permainan...!!! Area Permainan terbagi  dalam beberapa zona. Zona Taman Bermain Anak Kesayangan, Zona Adventure dan Zona Permainan.

Zona Taman Bermain Anak Kesayangan meliputi Rumah Musik, Sky Chopter, Marry Go Round, Mini Jet, Ulat Coaster, Mobil Convoi, Mobil Mini dan Play Ground Bom-bom Lazer Car. 

Zona Adventure meliputi Games Room, Walking Animal, Remote Car, Wall Climbing, Samba Ballon, Battery Car dan Trampolin.


Terakhir Zona Permainan meliputi Taman Sesat, Arena Bermain Pasir, Bumper Boat, Gokart & Motor Cilik, Rumah Hantu, Columbus, Mini Train, Bumper Car, Spinning Coaster, Drop Zone, Rumah Misteri 3 Dimensi, Jet Coaster, Water Boom, Kolam Renang, Flying Fox, Amphytheater Volcano dan Star Chase.

(dijamin 100%... bagi yang mengajak putra/putri tercinta... akan tersita banyak waktu dan tenaga di zona ini... stamina harus kuat dan fit..!! siap-siap... graaakkk...!!!)


Menikmati beragam wahana menarik di Jatim Park

Rombongan Perpustakaan Ubaya sampai di lokasi sekitar jam 10.30 WIB.
Woowww...!!! Bus-bus pariwisata dari berbagai kota sudah berderet memenuhi tempat parkir Jatim Park. (Kesannya : penuh sesak, padat dan ramai oleh pengunjung).
Dari area parkir bus, kami harus berjalan cukup jauh untuk sampai di depan gerbang masuk Jatim Park.

Ketua rombongan (Bp. Lasi), segera menuju loket untuk membeli tiket masuk. Tiket berupa gelang warna kuning, yang harus dipasang di pergelangan tangan masing-masing personel. 

Yuukkk..., sekarang kita berbaris menuju gerbang masuk Jatim Park.
Nah..., dari sini rombongan mulai terpisah, mulai sibuk dengan putra/putri tercinta, saling bergandeng tangan dengan keluarganya masing-masing. Aku, mas Fadjar dan ananda Hanif, mulai melangkah berdampingan...  siap untuk menikmati beragam wahana menarik di Jatim Park.


JALAN-JALAN KELILING JATIM PARK

Saat memasuki area Jatim Park, kami disambut dengan gong ukuran raksasa, yang bisa dipukul oleh setiap pengunjung yang berminat.

Wahana pertama yang kami kunjungi adalah Galeri Etnik Nusantara.
Di sini ditampilkan beraneka ragam kebudayaan Indonesia, seperti pakaian adat dari berbagai daerah mulai Aceh sampai Irian, mengenal rumah adat dan ragam budaya / tradisi yang berlaku di berbagai suku yang ada di Indonesia.

Puas menikmati wahana Galeri Etnik Nusantara, kami istirahat sejenak di zona Taman Bermain Anak Kesayangan. Hari ini suasana Jatim Park sangat ramai, hiruk pikuk dan penuh sesak dengan para pengunjung.


Saat kami istirahat, dari mushola Jatim Park, terdengar kumandang suara adzan. Mas Fadjar segera mengajak untuk menunaikan sholat Dhuhur. Kejadian menarik : saat di mushola, imam menawarkan kepada jama'ah untuk melakukan sholat jama' qashar (menggabungkan Dhuhur dan Ashar dalam satu waktu dan diringkas masing-masing 2 rakaat). Jama'ah dengan serentak menjawab 'setuju'.

Selesai menunaikan kewajiban, acara jalan-jalan dilanjutkan lagi...
Ananda Hanif sudah teriak tidak sabar, pengin segera berenang. Saat aku menawarkan untuk mencoba berbagai permainan yang tersedia, Hanif menolak dengan tangkas. "Permainan disini buat anak-anak kecil, Bu'... Ayo berenang.. berenang.. pokoknya berenaaanngg...!!!" 
HHHhhh..hhhh...!!

Jadilah.. kami keluar dari zona Taman Bermain Anak Kesayangan, menuju ke zona Adventure. Kami memasuki wahana Games Room. Beragam permainan tersedia untuk menguji imajinasi, ketangkasan dan kreativitas. Kami harus membeli coin untuk menikmati permainan di Games Room. Seru, asyik dan menyenangkan....!!


Di cafe dekat Games Room, kami istirahat menikmati makan siang. Menu yang tersedia sangat menarik, variatif dengan harga yang terjangkau. Hanif memilih nasi goreng seafood, aku dan mas Fadjar pesan nasi cap cay special. Hhhmmm.. wisata kuliner di Jatim Park. Nikmat, sedap dan mantaappp...


Sekali Berenang... Tetap Berenaangg...!!!


Selesai santap siang, badan terasa bugar dan semangat lagi.
Kami segera melenggang menuju kolam renang. Sampai di kolam renang, aku kaget dan terperangah...!! HHHhhhhh... Kolam renang penuh sekali..!! Permukaan airnya seperti tertutup oleh lautan anak-anak yang riang gembira berenang.

Kolam renang Jatim Park menjadi wahana favorit dan paling banyak diminati oleh para pengunjung. Ananda Hanif tetap antusias pengin berenang.  
"Ayoo.. Pak.., temani Hanif berenang, yaa.." ajaknya semangat dengan wajah yang berbinar ceria.


Rombongan keluarga besar Perpustakaan Ubaya, kembali bertemu dan bergabung di area kolam renang. Semua teman dan keluarganya terlihat ceria, akrab dan bahagia. (Happy family... Amiin...)

Siang ini, mendung masih terus bergelayut menyelimuti kota Batu. Udara terasa sejuk dan langit merona kelabu. Jika saja langit cerah... akan terlihat latar belakang area kolam renang yang indah. Pemandangan bukit Panderman. Sayang sekali... kabut tipis dan mendung terus membayang.. tak mau beranjak pergi. Menutupi keelokan bukit Panderman.

Tersesat Di 'Taman Sesat'


Setelah puas bercanda ria di kolam renang, kami melanjutkan jalan-jalan keliling Jatim Park. Tujuan kami berikutnya mencoba menyusuri Taman Sesat.
Sebuah taman berdinding tanaman setinggi -/+ 2 meter dan membentuk lorong-lorong yang menyesatkan.

Saat memasuki wahana Taman Sesat, di dekat pintu masuk sudah terpasang papan peringatan yang berisi kata-kata bijaksana. "Uji Kesabaran Anda di Taman Sesat Jawa Timur Park"

Wah.. jadi semakin penasaran. Kami mulai melangkah memasuki Taman Sesat. Saat di awal jalan, kami masih sempat tertawa-tawa riang dan bercanda. Tetapi... semakin berjalan masuk menyusuri taman.. rasanya semakin beputar-putar tak tentu arah.. seolah berada dalam labirin.. tak jelas jalan keluarnya. Ananda Hanif sudah kelihatan gelisah, pengin segera keluar.


"Ayoo... keluar, Pak.. cari jalan keluar.. cepetaann...!" rengeknya dengan wajah panik.
"Han.., harus sabar kalo mau keluar. Ga boleh putus asa.. harus tetap semangat..!" mas Fadjar memberi pengertian pada Hanif.

Setelah melalui perjuangan yang keras, berusaha dengan susah payah, menggunakan insting dan indra ke-6... (halah...!! lebay...! hahaha...) akhirnya kami berhasil menemukan jalan keluar.. bebas dari Taman Sesat..!!  Horeeee....!!!

Terlepas dari Taman Sesat, mendadak Hanif diserang rasa lapar dan haus.  
"Aduuh..., capee, Bu.. habis muter-muter di Taman Sesat. Ayoo.. makan lagi, Bu.."
Menuruti sang buah hati, kami istirahat lagi.. menikmati mie kuah hangat dan jajanan.

Tujuan berikutnya : berkeliling naik Mini Train. Hanif terlihat cukup terhibur menikmati perjalanan naik kereta api mini. (Naik kereta api.. tut..tut..tut.. Siapa hendak turut...)


Sebenarnya banyak sekali wahana menarik, yang membuat kami penasaran, ingin merasakan sensasi tantangan yang mendebarkan. Seperti Star Chase, Spinning Coaster, Drop Zone dan masih banyak lagi. Tapiii.. apalah daya.. antrian pengunjung.. luar biasa panjangnya. Jadiii.. lain kali saja, ya.. kalo ada liburan lagi..  


Bertemu Alligator di Taman Reptil

Dari zona Permainan, kami melangkah menuju Area Fauna (wahana terakhir yang kami kunjungi). Kami memasuki Taman Reptil.

Taman Reptil memiliki koleksi ratusan binatang reptil dari dalam dan luar negeri, seperti ular, kadal, buaya, biawak, alligator, iguana, kura-kura dan binatang reptil lainnya. Pengunjung dapat melihat dari dekat berbagai binatang reptil yang ditempatkan di kandang berdinding kaca.


Dari Taman Reptil, kami melanjutkan jalan-jalan menuju Taman Burung.
Taman Burung Jatim Park memiliki koleksi aneka jenis burung yang berasal dari dalam dan luar negeri. Sangat menarik melihat dari dekat berbagai jenis burung dengan kepakan sayapnya yang berwarna-warni.

Tak terasa, waktu sudah mendekati jam 3 sore. Sesuai kesepakatan bersama, rombongan harus berkumpul kembali di area parkir bus.

Dari Taman Burung, kami meneruskan langkah menuju pintu keluar. Untuk mencapai pintu keluar, semua pengunjung diarahkan melewati area Wisata Belanja. Di area ini terdapat Pasar Wisata, Galeri Bunga dan Pasar (Hewan, Buah & Sayur).


Sekitar jam 4 sore, rombongan keluarga besar Perpustakaan Ubaya, meninggalkan Jatim Park. Suasana yang mendung dan gerimis kecil, menemani perjalanan kami.

Tujuan berikutnya : ke Terminal Agribisnis (Bakpao Telo) yang berlokasi di Pasuruan, searah dengan perjalanan pulang ke Surabaya.


Memborong Oleh-oleh di Bakpao Telo

Sekitar jam 17.30 WIB., rombongan sampai di SPAT (Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu) atau yang lebih dikenal sebagai 'Bakpao Telo'.

Berlokasi di : Jl. Raya Purwodadi No. 1, Pasuruan.
Hujan deras menyambut kedatangan kami di Bakpao Telo.

Bakpao Telo berkonsep one stop shopping untuk berburu oleh-oleh buat keluarga atau teman. Andalan utamanya : aneka produk makanan yang terbuat dari telo (ubi jalar). Disini tersedia : bakpao telo, cookies telo, bakpia telo, ice cream telo, mie telo, kripik telo dan aneka oleh-oleh lainnya.  
Motonya : menyediakan beragam makanan alami bergizi tinggi.

Di setiap kemasan aneka makanan yang diproduksi oleh Bakpao Telo selalu disertakan catatan kandungan gizi dan manfaat dari Telo ( Ubi Jalar).

Berikut catatannya :
  • Menempati ranking 1 dari 58 jenis sayuran
  • Memiliki kandungan vit. A sebanyak 4 kali wortel (sangat baik untuk mencegah penyakit kebutaan)
  • Memiliki beta carotene yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, gigi, rambut & kulit, memiliki kandungan gula yang rendah dan alami (sehingga cocok untuk penderita diabetes)
  • Kandungan telo mendekati fat-free, cholesterol-free & rendah sodium (sangat cocok untuk progam diet) 
  • Mengandung zat antioksidan yang dapat membantu pencegahan penyakit jantung, kanker, pembentukan sistem imunitas dalam tubuh serta memperlambat proses penuaan. (Telo.. telooo.. ternyata khasiatnya.. sungguh.. LUAR BIASA...!!)

Senang sekali rasanya.. berwisata kuliner di Bakpao Telo. Semua teman dan keluarganya juga tampak antusias memborong berbagai oleh-oleh yang unik, nikmat dan lezat.

Selesai berbelanja dan puas menikmati suasana di Bakpao Telo, rombongan kembali ke bus untuk meneruskan perjalanan pulang ke Surabaya. Roda-roda bus kembali menggelinding di aspal jalanan yang basah. Gerimis masih setia mengiringi perjalanan kami.

Sekitar jam 20.00 WIB., rombongan sampai di Univ. Surabaya dengan selamat. Alhamdulillah...

Terima kasih buat Bp. Elieser Tarigan, Ph.D. (Kepala Perpustakaan UBAYA),
atas izin yang diberikan dan segala perhatian, sehingga keluarga besar Perpustakaan bisa mengadakan rekreasi bersama. Terima kasih buat Bp. Amirul Ulum, S.Sos dan seluruh panitia yang telah bekerja keras sehingga acara ini bisa terwujud. Terima kasih buat teman-teman beserta seluruh keluarga atas kebersamaan dan keakraban yang terjalin dengan indah. Semoga Allah SWT. senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amiin...


(Ernik S.)
Photo by : Fadjar ER. & Ernik S.

3 comments:

  1. Hai, Salam Kenal
    sekedar membagi Informasi tentang outbound, airsoftgun / paintball dan rafting kasembon…
    Berbagi info outbound dan rafting yang seru abis…!!!!
    silakan kunjungi kami di http://www.outboundindonesia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali..
      Infonya sangat seru dan menarik.
      Semoga sukses, yaa.. Aamiin..

      Delete
  2. Salam mantep ,,,,

    Jatim Park keren ....
    tapi kok minuman syrup apel ... nggak ada.... itu kesukaan ku.....

    numpang ya....

    ReplyDelete