Thursday, 15 January 2009

WISATA DI BLITAR : Water Park Sumber Udel, Makam Bung Karno & Kebon Rojo

Liburan akhir tahun telah tiba..!! Kel. dari Surabaya (Kel. Fadjar & Kel. Hasan) telah mudik dan berkumpul di Mojoroto Kediri, di rumah Ibunda.

Liburan kali ini, ananda Hanif tertarik dengan cerita mas Naufal yang pernah berenang di Sumber Udel. Sedangkan dik Yayuk pengin melihat suasana dan kemegahan Makam Bung Karno. Klop..lah. Liburan akhir tahun, kami ke Blitar lagi.

Seperti biasanya, kami langsung kontak Dik Lina di Blitar. Dik Lina oke-oke saja rumahnya dijadikan base camp saat kami liburan di Blitar.

Sore hari, setelah persiapan beres, rombongan dari Kediri segera meluncur ke Blitar.
Malam nanti kami menginap di rumah dinas Dik Udin-Dik Lina.

WATER PARK SUMBER UDEL





















Pagi hari setelah selesai sarapan, rombongan siap berangkat ke tujuan pertama : Water Park Sumber Udel.

Water Park Sumber Udel terletak di Jl. Kali Brantas, Kel. Bendo, di tengah kota Blitar, dekat dengan stadion (-/+ 100 m dari Stadion Blitar).

Dua kendaraan beriringan melaju di pagi yang terasa sejuk. Langit berwarna biru cerah, jalanan kota Blitar cukup lengang dan lalu lintas terlihat lancar.
Sampai di area parkir Water Park, kami harus antri dan bersabar menunggu arahan dari petugas untuk mendapatkan tempat parkir yang "layak". Sarana parkir terlihat kurang memadai dan sempit dibanding dengan banyaknya kendaraan pengunjung yang terus berdatangan. Tarif parkir kendaraan roda empat : Rp. 5000,-

Hari ini (liburan Tahun Baru Muharram 1430 H / Senin 29 Des. 2008) sangat banyak wisatawan yang berkunjung dan memadati Water Park Sumber Udel.

Aku ditemani ananda Hanif, segera menuju loket untuk membeli tiket masuk. Harga tiket saat hari libur : Dewasa Rp. 10.000,- dan tiket buat Anak-anak Rp. 7.500,-

Setelah anggota rombongan berkumpul dan lengkap, kami segera masuk ke dalam area Water Park.
Beriringan kami mencari tempat yang teduh buat istirahat. Di dekat taman bermain anak-anak, di bawah rindangnya pohon beringin, dengan area yang sudah dipaving rapi, kami menggelar tikar. Wah, nyaman... sekali, duduk santai sambil menikmati pemandangan area Water Park.




Naufal, Rifqi dan Hanif asyik bermain jungkat-jungkit di area taman bermain Water Park









Suasana di dalam Water Park kelihatan hijau, segar dan rindang.
Banyak tumbuh pohon-pohon beringin yang rimbun dengan akar gantungnya yang menjuntai hingga ke tanah.

Para jagoan kecil sudah tak sabar pengin segera berenang. Dengan cekatan mereka berganti pakaian renang dan melesat menuruni tangga, bergegas ke kolam bermain anak-anak.

Water Park Sumber Udel menyajikan aneka permainan air yang bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Terdapat beberapa kolam dengan bermacam fasilitas. Kolam renang anak yang dilengkapi dengan permainan terowongan air, seluncuran berbentuk binatang, air mancur berbentuk payung dan jamur raksasa. Kedalaman kolam anak ini sekitar 30-60 cm.

Menyenangkan sekali melihat keriangan para jagoan kecil bermain kecipak air yang jernih. Tawa dan senda guraunya (Adin, Naufal, Rifqi, Hanif & si cantik Nuha) terasa bagai nyanyian merdu nan indah. Mas Fadjar, dik Udin dan dik Hasan bertugas jadi life guard bagi para jagoan kecil.





















Fasilitas menarik lainnya adalah kolam river pool, gentong raksasa, air mancur raksasa, timba raksasa dan water sliding. Semua area permainan air tampak penuh dengan anak-anak dan orang dewasa yang riang gembira berenang, menikmati permainannya.

Di Water Park juga terdapat Kolam Olimpic, yaitu kolam renang dewasa yang bisa digunakan untuk berbagai perlombaan renang, lengkap dengan fasilitasnya, serta tempat duduk para penonton.

Dekat dengan kolam bermain anak, berdiri panggung gembira. Tampak group band lokal kota Blitar menyuguhkan lagu-lagu untuk menghibur para pengunjung. Jadi hari ini, suasana di Water Park Sumber Udel terasa sangat meriah, rame dan semarak.

BERCANDA DENGAN RUSA DI KEBON ROJO


Dari Water Park Sumber Udel, kami meneruskan wisata ke Kebon Rojo.
Kebon Rojo merupakan taman wisata dan tempat rekreasi keluarga yang berada di jantung kota Blitar. Kebon Rojo terletak di belakang kompleks rumah dinas Walikota Blitar. Masyarakat / wisatawan bisa menikmati fasilitas dan keindahan Kebon Rojo secara gratis.

Suasana di dalam Kebon Rojo terasa asri dan sejuk. Banyak pohon-pohon besar yang rindang memenuhi sudut-sudut Kebon Rojo. Ada taman bermain anak, gazebo, tempat bersantai, patung-patung binatang, sarana buat latihan panjat tebing dan air mancur yang indah.

Kebon Rojo juga merupakan kebun binatang mini. Ada rusa, monyet, burung merak dan binatang lainnya yang dipelihara disini. Puluhan rusa di Kebon Rojo terlihat jinak dan familiar. Tanpa rasa takut, barisan rusa berdiri dekat pagar kandang, mendekati pengunjung. Binatang jinak itu justru terlihat senang saat tangan-tangan mungil Naufal, Rifqi, Hanif dan Nuha mengelus-elus kepalanya.


"Wah.. rusanya lapar..!! Ayoookkk.. rusanya diberi makan," ajak Naufal dengan antusias.

Tanpa dikomando lagi, Naufal, Hanif dan Nuha mencabuti rumput-rumput yang tumbuh di sekitar kandang. Tawa dan celotehannya terdengar riang saat rusa-rusa itu makan rumput yang disodorkan dengan lahap. Aku dan Mas Fadjar duduk-duduk santai di gazebo sambil mengawasi aktivitas mereka.

Saat para jagoan kecil riang bercanda dengan rusa, terdengar suara adzan dari masjid yang terletak di samping Kebon Rojo. Kami menyempatkan untuk sholat Dhuhur secara berjamaah. Wisata alam berpadu dengan wisata religius.


Setelah puas bermain-main di Kebon Rojo, rombongan segera meluncur ke rumah makan lesehan. Makan siang kali ini, menunya serba ikan gurami. Ada yang pesan gurami asam manis, gurami bakar saus kecap, dan gurami pesmol. Minumannya, semua punya selera sendiri-sendiri. Ada 10 jenis minuman berbeda yang terhidang di meja kami. Meriah sekali. Kami semua makan dengan nikmat dan lahap.

KAWASAN WISATA MAKAM BUNG KARNO

Selesai makan siang dan istirahat sejenak di rumah makan lesehan, kami meneruskan wisata melihat kemegahan makam Bung Karno.

Kawasan wisata Makam Bung Karno terletak di Kelurahan Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar.

Ada tiga tempat yang bisa dikunjungi di kawasan ini : Makam Bung Karno, Perpustakaan Bung Karno dan rumah peninggalan Bung Karno. Area wisata makam Bung Karno terlihat sangat luas dan megah.

Dik Udin mengajak parkir di tempat yang tidak terlalu jauh dari kompleks makam. Parkir di pekarangan penduduk, dekat dengan perpustakaan Bung Karno. Jadi kami tak perlu jalan terlalu jauh untuk sampai di Makam Bung Karno.

Di tempat parkir, ibu-ibu penjual bunga untuk tabur ziarah langsung menyerbu kami. Menawarkan dagangannya dengan penuh semangat. Tapi kami menolaknya dengan halus.

Dari jauh, cungkup makam Bung Karno tampak menjulang dengan gagah. Cungkup yang menaungi bangunan joglo berlantai marmer.
Ada tiga makam di bangunan joglo tersebut. Makam Bung Karno yang diapit oleh makam Ayahandanya "R. Soekeni Sosrodihardjo" dan makam Ibundanya "Ida Ayu Nyoman Rai".

Keluar dari area pemakaman, kami harus melewati kawasan souvenir. Deretan kios-kios souvenir yang sangat panjang, berjejer dengan rapi menghias jalan menuju pintu keluar. Pemandangan yang sangat menarik. Berbagai macam kerajinan khas Blitar, baju-baju, kaos bergambar Bung Karno, tas, hiasan kaligrafi dan mainan anak-anak tampak terpajang menggoda mata.

Menjelang waktu Ashar, kami meninggalkan kompleks makam Bung Karno. Kami melanjutkan perjalanan ke Masjid Agung depan Alun-Alun kota Blitar. Menunaikan kewajiban sholat Ashar.

Rombongan mengakhiri perjalanan di Blitar dengan wisata kuliner. Dik Udin mengarahkan kendaraan ke toko oleh-oleh khas Blitar yang terletak di sebuah gang. Dengan antusias kami memborong wajik klethik, jenang ketan polos / jenang ketan wijen, madu mongso, keripik rasa jahe dan macam-macam snack khas Blitar.

Terima kasih buat dik Udin & dik Lina. Terima kasih buat keluarga besar Kediri dan Surabaya. Liburan keluarga yang penuh tawa, canda dan cerita.

SELAMAT BERWISATA DI BLITAR.
(Ernik S.)

5 comments:

  1. Kunjungan baliikk...
    Nice blog bro..
    kapan yah ke Blitar? :D

    ReplyDelete
  2. postingan'nya keren dan salut buat blognya..
    sukses selalu..!!

    Silahkan berkunjung, berkomentar ke BLOG HEBOH dan jangan lupa kasih tau kalo ada postingan terbaru yah >>

    ReplyDelete
  3. Admire the information published.its really informative and innovative keep us posted with new updates. it was really valuable

    ReplyDelete
  4. It will be very constructive in regular part of life. I hooked up with your precious work here it’s driving me crazy. I am hoping the same best work from you in the future as well.

    ReplyDelete
  5. Kami seluruh keluarga besar sdn grogol 3 kecamatan grogol kabupaten kediri mengucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya atas pelayanan yang terbaik yang diberikan pengelola sumber udel waterpark blitar kepada kami, semoga dengan pelayanan terbaik itu sumber udel waterpark lebih dicintai dan di kunjungi wisatawan

    ReplyDelete