Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Tuesday, 1 January 2013

Menyapa Pantai Seindah Puisi di Blitar


Pantai puisi itu adalah Pantai Pasetran Gondo Mayit.

Abaikan saja namanya yang mistis dan seram..
Nikmati saja kesunyiannya, nikmati saja keindahannya.., 
karena inilah pantai puisi.


Pantai Pasetran Gondo Mayit - Blitar - Jawa Timur


Teman.., pernahkah terlintas dianganmu..?
Sebuah tempat tersembunyi yang menentramkan hati

duduk melepas segala lelah.., di bawah teduhnya naungan pepohonan
menikmati.. sebuah pantai biru yang membentang indah

melihat ombak yang bergulung-gulung saling berkejaran tiada henti
mendengar.. suara debur ombak saat menghantam batu-batu karang

yang airnya begitu bening dan jernih..
yang pasirnya begitu lembut, putih dan bersih..
hingga kau bisa melukis diatasnya..

Teman.., semuanya, dapat kau temukan di sini..
di pantai ini.., pantai yang seindah puisi..


Perjalanan menuju ke Pantai Pasetran Gondo Mayit


 
  Melewati muara sungai berair jernih, jalan setapak yang menanjak, menuju Pantai Pasetran Gondo Mayit yang berada di balik bukit.


Pemandangan indah saat menuju ke Pantai Pasetran Gondo Mayit
Dari atas bukit terlihatlah latar belakang Pantai Tambak Rejo yang biru membentang luas.


 
(dik Irwan & nanda Hanif)
Berkelana bagai musafir, mendaki bukit, menuju ke pantai puisi..


Pantai puisi.., Pantai Pasetran Gondo Mayit

Pantai yang seindah puisi.., kau pun hanya bisa berdecak kagum dan berkata.. " Subhanallah.."


Rinduku pada hamparan langit biru,
rinduku memandang gulungan ombak yang saling berkejaran, tiada henti..
rinduku berlarian diantara buih-buih ombak..




Melukis bintang-bintang diatas pasir pantai.., 
dan biarkan buih ombak putih menjadi saksi..


Rinduku pada lukisan alam Sang Maha Penguasa,
rinduku pada kesunyian pantai,
rinduku menjejak diatas jutaan butiran pasir putih..


Antara diriku, dirimu, dirinya, lautan dan langit yang membiru..


Bagai berada di 'private beach'
(nanda Hanif berlatih jurus pengendali ombak..)


Hanya kedamaian, hanya kesunyian, hanya ada suara-suara alam.., cukuplah sudah..


(dik Irwan) : Sendiri.., bercanda dengan gulungan ombak yang tiada lelah menyapanya


Gulungan ombak putih di pantai sunyi..
Kau pun bebas lepas berteriak sekencangnya, serempak suara deburannya yang menggelegar..

 
Sang Batu Karang.., di tepi Pantai Pasetran Gondo Mayit

Ceritakan padaku.., 
tentang batu-batu karang di Pantai Pasetran Gondo Mayit
yang tetap berdiri kokoh dan teguh..

meski gempuran badai, ombak dan gelombang..
tiada henti menghantamnya..

Ceritakan padaku.., 
betapa kuat dan tegarnya mereka..
betapa tetap tenang, perkasa dan tidak rapuh..
 
Ceritakan padaku, tentang Sang Batu Karang.. 






(me) : Perempuan yang berteman dengan batu-batu karang
(dilarang protes dengan judul foto diatas.. hahahaa..)


"Ibuuu.., batuan karangnya seperti wajah sang raksasa..!!"
(nanda Hanif lagi berimajinasi..!)


   Ada 'Sesosok Wajah' di Hamparan Langit Biru
 
 'Sesosok Wajah' di hamparan langit biru Pantai Pasetran Gondo Mayit

Awalnya hanya mengagumi keindahan Pantai Pasetran Gondo Mayit. 
Tapiii..., setelah mengamati hamparan langit biru, kami hanya bisa berucap 'MasyaAllah'.., saat melihat gugusan awan di langit yang menyerupai 'sesosok wajah'.

  

Pantai Pasetran Gondo Mayit

Biarkan saja pantai ini tetap tersembunyi
Biarkan saja pantai ini tetap terjaga kedamaian dan keindahannya

Biarkan saja apa adanya.., karena inilah pantai puisi..



Catatan :
  • Akses ke Pantai Pasetran Gondo Mayit - Blitar - Jawa Timur :  terlebih dahulu menuju ke Pantai Tambak Rejo yang terletak di Desa Tambak Rejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.  
  • Dari Pantai Tambak Rejo, berjalan ke arah Timur, melewati muara sungai, kemudian mendaki bukit yang terletak di sebelah tebing karang. Ikuti saja jalan setapak yang menanjak diantara pepohonan dan semak belukar.(Pemandangan saat menuju ke Pantai Pasetran Gondo Mayit sangatlah indah. Berlatar belakang Pantai Tambak Rejo yang biru membentang luas). 
  • Pantai Pasetran Gondo Mayit berada di balik bukit. Sampai di atas bukit akan terlihat keindahan dan kesunyian Pantai Pasetran Gondo Mayit. Ikuti jalan setapak menurun menuju ke pantai puisi..
  • Terima kasih buat kel. dik Udin & dik Lina beserta ke-4 permata hatinya. Rumahnya yang lapang dan asri (di Ds. Kedungbunder, Dk. Karangmulyo, Kec. Sutojayan, Kab. Blitar), menjadi basecamp kami selama liburan di Blitar. Terima kasih buat perhatian, keramahan dan ketulusannya. Semoga Allah SWT. senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin..
 
Alhamdulillahirobbil'alamin..


(Ernik S.)
Photo by : Fadjar ER., Ernik S.

10 comments:

  1. maaf baru dolan kesini sekarang..

    Emang indah banget panorama pantainya, Hmm kliatannya sepi pengunjung ya. apa emang pantai ini masih jarang yang mengetahui?

    salam kenal balik mas Fadjar dan mbak Ernik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.., mas Lozz.. Pantainya memang masih alami, sunyi & belum banyak pengunjungnya spt pantai2 lain di Blitar.., mungkin karena akses jalan menuju ke pantai yg lumayan sulit..
      Moga pantai ini tetap terjaga keindahan & kebersihannya..

      Makasih kunjungannya, mas Lozz.. :)

      Delete
  2. ah elah indah bener itu pantai
    ga serem kaya namanya
    gondomayit tempat persemayaman betari durga

    verifikasi katanya ilangin dong.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.., mas Rawins.. memang indah pantainya.. tapi hutan Kalimantan juga tak kalah indah dan dahsyaat, yaa.. :)

      Met berkarya dgn suka cita di tanah seberang..

      Delete
  3. mirip ama pasir putih ya di pasuruan

    ReplyDelete
  4. bersih ya pantainya, beda ama banyuwangi kotor pantainya

    ReplyDelete
  5. berteman dengan batu karang udah berapa tahun tuh :)

    ReplyDelete
  6. tuh pantai ada di daerah selatan kota blitar ya gan ?

    ReplyDelete
  7. misi mas, numpang nanya.
    .dari jalan raya menuju ke pantai gondo mayit berapa lama mas??
    .
    .mohon ptunjuk'nya

    ReplyDelete
  8. pengen belajar bikin blog dari bapak,,,

    ReplyDelete