Subscribe

Powered by Blogger

Thursday 21 August 2008

WISATA BAHARI LAMONGAN : Liburan keluarga yang Seru

Setelah puas menikmati pagi hari di Pantai Dalegan (Kab. Gresik), rombongan meneruskan perjalanan ke WISATA BAHARI LAMONGAN.

Kami singgah dulu di desa Paciran, di rumah kel. temanten. Anton dan dik Faur (mempelai yang berbahagia) tidak ikut ke WBL. Masih banyak tamu yang datang berkunjung dan pengin ketemu sama temanten baru.

WBL : Liburan Keluarga yang Seru

Wisata Bahari Lamongan (WBL) terletak di pesisir pantai Utara Pulau Jawa. Tepatnya di Jl. Raya Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

Rute menuju WBL :

Dari arah Surabaya, bisa melalui jalur Pantura atau lewat jalan TOL Surabaya - Gresik arah MANYAR (arah WBL).
Setelah melewati pintu keluar TOL Manyar, langsung belok ke kiri, ikuti saja jalur pantai utara menuju ke arah Sidayu, Panceng, terus ke arah Paciran.
Wisata Bahari Lamongan (WBL) terlihat megah berdiri di Jl. Raya Paciran.

Rombongan terdiri dari :

Aku, mas Fadjar & nanda Hanif (kel. Surabaya),  Hari & dik Sholihah (kel. Jakarta),  Adin & Naufal (keponakan Kediri), sampai di lokasi sekitar pukul 09.30 WIB.

WBL sudah terlihat ramai dengan banyaknya pengunjung dari berbagai kota. Maklum.., musim liburan sekolah.

Tiket masuk WBL :

Mas Fadjar segera antri membeli tiket masuk Wisata Bahari Lamongan. Antrian terlihat sangat panjang. Semua pengunjung dengan tinggi badan lebih dari 80 cm sudah dikenakan tiket masuk.
Ada dua pilihan : Rp. 40.000,- untuk masuk ke WBL saja atau Rp. 47.000,- ( tiket terusan masuk WBL dan wisata MAHARANI ZOO & GOA).

Ketua rombongan (mas Fadjar) memutuskan mengambil tiket terusan. Sambil menunggu datangnya tiket, kami jalan-jalan di area souvenir shop dan pasar hidangan yang terletak di depan pintu utama. Jajan roti bakar rasa strawbery dan pisang bakar tabur keju. Rasanyaaa...?? Mantaap..laahh..!!

Akhirnya tiket.., datang juga..!!

Kami segera berbaris mengikuti ketua rombongan masuk ke area WBL. Gelang warna oranye dipasang di pergelangan tangan masing-masing oleh petugas jaga. Tak lupa ransel diperiksa untuk memastikan pengunjung tak membawa makanan pokok (nasi atau mie) ke area WBL.

Jalan-Jalan Keliling WBL

Banyak sekali fasilitas permainan yang tersaji di Wisata Bahari Lamongan.

Dengan gelang oranye kita bisa menikmati berbagai fasilitas secara gratis, seperti :

Rumah Kucing, Arena Ketangkasan, Bioskop 3D, Rumah Sakit Hantu, Rotary Coaster, Istana Bawah Laut, Galeri Kapal & Kerang, Sarang Bajak Laut, Goa Insektarium, Tagada, Tembak Ikan, Taman Berburu, Planet Kaca, Palyground Remaja, Jet Coaster, Bumper Car, Space Shuttle, Permainan Air, Kolam Renang, Arena Permainan Pasir, Texas City dan Anjungan Wali Songo.

Selain beragam permainan yang bisa dinikmati secara gratis, masih ada banyak permainan yang harus beli tiket langsung di area permainan.

Seperti : Go-Kart, Motor Cross, ATV, Banana Boat, Ski Boat, Perahu Tradisional dan masih banyak lagi.

Bangunan pertama yang kami masuki adalah "RUMAH KUCING"
Di dalamnya terdapat banyak sekali koleksi kucing dari seluruh penjuru dunia. Kucing-kucing yang lucu dan imut itu ditempatkan dalam ruangan berukuran sekitar 2 x 2 m dengan interior yang menarik. Sebenarnya kasihan juga melihat kucing-kucing yang lucu itu dibatasi geraknya dan tidak bisa berkeliaran di alam bebas.

Dari "Rumah Kucing" kami melanjutkan ke rute berikutnya :
"ARENA KETANGKASAN".
Disini tersedia banyak permainan untuk menguji ketangkasan seperti menembak, melempar, memanah atau memainkan bola. Hari dan Mas Fadjar unjuk kebolehan dalam menembak sasaran.
Gimana hasilnya..?? Meleset jauh dari sasaran.. dengan sukses...!! (hihihi...)

Kami melanjutkan perjalanan ke "Bioskop 3 Dimensi".
Sebenarnya kami pengiiinn banget menikmati kecanggihan Bioskop 3D.
Tapii.. melihat antrian yang begitu panjang, akhirnya ditunda dulu keinginan untuk melihat Bioskop 3D.

Kami meneruskan perjalanan ke "Rumah Sakit Hantu".
Sepertinya wahana ini menjadi favorit pengunjung WBL. Antrian masuk terlihat sangat panjang dan melingkar sampai mendekati pintu keluar.
Hanif juga sudah teriak-teriak,"Takuut.. takutttt.. Hanif ngga mau ke rumah sakit hantu...!!!"
Akhirnya, kami hanya melewati saja wahana "Rumah Sakit Hantu". Dari cerita teman yang pernah masuk ke sana, suasana di dalam "Rumah Sakit Hantu" cukup seram dan mengerikan. Ada banyak hantu yang bisa kita temui ditambah dengan suara-suara yang menyeramkan.

Rute selanjutnya "Istana Bawah Laut".
Nah.., disini Hanif dan Naufal sangat menikmati berbagai fasilitas permainan. Ada banyak permainan yang disediakan khusus untuk anak-anak.

Setelah puas bermain di "Istana Bawah Laut", rombongan melanjutkan ke :
"Galeri Kapal & Kerang".
Disini tersimpan koleksi replika perahu Nusantara dari masa ke masa. Ada perahu Phinisi, Kapal Dewaruci, perahu Cheng Ho, perahu jaman kerajaan Majapahit, perahu layar tradisional dan masih banyak lagi. Disini juga terdapat koleksi berbagai jenis kerang dan hewan laut dari seluruh penjuru dunia.

Kami melanjutkan ke rute berikutnya, "Sarang Bajak Laut".
Untuk masuk ke dalam, pengunjung dibatasi hanya lima orang, untuk sekali perjalanan menyusuri "Sarang Bajak Laut" Selang beberapa menit, pengunjung berikutnya boleh masuk. Kami diperbolehkan masuk bersama-sama (rombongan hanya berjumlah 7 orang).
"Bu'.., kalo di Bajak Laut, Hanif ngga takut. Di TV khan ada film kartun bajak laut," celoteh Hanif dengan riang.

Suasana di dalam cukup gelap dan temaram. Kami seperti berada di dalam sebuah kapal bajak laut yang karam. Lantas menyusuri lorong-lorong gelap sarang bajak laut. Kami bisa menemukan gudang senjata bajak laut, gudang minuman, tempat penyimpanan harta hasil rampokan dan semua kehidupan tentang bajak laut. Ada bajak laut yang menakut-nakuti kita, ada bajak laut yang sedang bertempur dan suara-suara yang menggelegar mengagetkan.

Keluar dari "Sarang Bajak Laut" kaki mulai terasa pegal. Kami beristirahat sejenak sambil melihat-lihat brosur denah WBL. Ternyata baru sedikit wahana permainan yang telah kami kunjungi.

Waahh...!! area WBL sangat luaass dan panaasss...!! Namun sangat bagus sebagai tujuan wisata keluarga. Tempat wisata yang menggabungkan unsur-unsur wisata alam, hiburan, pendidikan, budaya dan olah raga.

Kami meneruskan perjalanan ke "Goa Insektarium".
Kami memasuki sebuah goa yang didalamnya terdapat banyak sekali jenis serangga yang berasal dari berbagai penjuru dunia.

Dari wahana pendidikan Goa Insektarium, kami menuju ke "Planet Kaca".
Kami memasuki ruangan yang penuh dengan cermin, suasana gelap, dengan lampu berkelap-kelip menyilaukan, ditambah dengan suara musik yang hingar-bingar. Selama menyusuri planet kaca, kami terus berjalan berdekatan. Ada cermin-cermin yang membuat bayangan kita menjadi lucu, bisa berubah jadi jangkung, jadi gendut, jadi pendek atau jadi melengkung. Bayangan-bayangan yang terpantul dari cermin membuat kami bingung dan sempat tersesat saat mau keluar. Di Planet Kaca kami juga bertemu dengan makhluk luar angkasa (alien). Seruuuu...!!

Keluar dari Planet Kaca kami melanjutkan langkah ke area :
"Playground Remaja" .
Disini kami beristirahat cukup lama. Memberi kesempatan pada Adin, Naufal dan Hanif mengekspresikan aksinya. Berayun-ayun, memanjat, jumpalitan, meluncur, merayap, berlarian dan berkejaran. Masa kecil adalah masa yang paling berbahagia. Melihat mereka sehat, tertawa dan gembira adalah kebahagiaan bagi kita (Aamiin...).

Puas bermain di Playground Remaja, kami pengin naik "Jet Coaster".
Antrian terlihat panjang, tapi tidak sedahsyat antrian di Bioskop 3D dan Rumah Sakit Hantu.
Asyik rasanya naik Jet Coaster. Seperti naik kereta api yang diluncurkan dengan kecepatan tinggi. Saat menukik di tikungan tajam, kami seperti dihempaskan dengan keras. Serentak semua berteriak dan berpegangan erat-erat. Woowww...!! mendebarkan juga naik Jet Coaster.

Pemandangan di sekitar area Jet Coaster sangat indah. Pemandangan laut lepas yang membiru dan langit yang membentang luas.

Dari sini kami bisa melihat "Tanjung Kodok". Sebuah batu besar yang bentuknya menyerupai kodok.

Setelah naik Jet Coaster, mas Fadjar pengin mencoba naik "Space Shuttle".
Permainan yang menegangkan, seperti naik ayunan yang diombang-ambingkan di udara. Melihatnya saja, aku sudah merasa pusing dan mual. Jadi aku lebih memilih momong Hanif saja.
"Asyiikk.., naik Space Shuttle. Bisa melihat pemandangan laut dan area WBL dari ketinggian.." komentar mas Fadjar dengan riang.
Hanya mas Fadjar seorang yang berani naik Space Shuttle. Anggota yang lainnya angkat tangan tanda menyerah.

Hari dan dik I'at lebih tertarik untuk mencoba permainan "Bumper Car".
Hari dengan mantap pegang kemudi, menginjak gas, kemudian berputar-putar di arena dan berulang-kali bertabrakan dengan mobil lainnya. "Asyik... seruuu...!!!" Disusul mas Fadjar dan Hanif yang ikut antri di arena Bumper Car.

Yang lainnya duduk-duduk santai di bawah rimbunnya pepohonan. Menikmati pemandangan indah Tanjung Kodok dan lautan yang membiru.

Basah Kuyup di "Permainan Air"

Dari arena Bumper Car, kami meneruskan ke rute berikutnya : "Permainan Air".
(Catatan : Mas Fadjar tidak ikut masuk ke arena dan bertugas jadi sukarelawan yang menjaga barang-barang).

Sebelum memasuki area permainan tertulis peringatan, "Bagi mereka yang menderita sakit jantung dilarang masuk." Wah.., membuat penasaran saja..!!

Ternyata di area permainan ini, kami harus melewati rintangan dan serangan air. Saat melewati tempat tertentu, tiba-tiba dari arah yang tidak terduga, kami disemprot air. Jadinya kami tertawa dan menjerit-jerit kaget. Naufal dan Hanif sangat menikmati Permainan Air.
Saat ada serangan atau jebakan air, bukannya lari menghindar tapi malah menari-nari dan tertawa riang di depannya. Olalaaa...!!! Jebakan dan serangan air terus berlangsung sampai pintu keluar. Kami semua jadi basah kuyup.

Keluar dari area Permainan Air, ada tulisan-tulisan yang cukup menggelitik :

".. KEBAHAGIAAN MASA KECIL TIDAK AKAN TERULANG.."
".. ANDA TELAH DISUCIKAN KEMBALI.."
".. ANDA TELAH LULUS DARI EMOSI.."   hahaha..haaa...

Permainan yang sangat menghibur dan membuat kami bisa tertawa lepas.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 14.00 WIB. Kami segera meneruskan perjalanan menuju "Taman Hidangan".
Waktunya menikmati makan siang.

Kami memilih meja yang berada di teras. Semua terlihat lahap menikmati makanan favoritnya. Ada yang pesan bakso, nasi fried chicken, nasi soto daging, nasi soto jerohan, nasi asem-asem bandeng dan nasi lalapan. Perut terasa kenyang, kami jadi semangat lagi..!!!

Acara selanjutnya adalah acara pokok yaitu BERENAAAANG...!!!
Semuanya semangat berenang.. kecuali aku dan dik I'at yang bertugas menjaga barang-barang.

Selesai berenang waktu sudah pukul 16.00 WIB. Kata sepakat, kami ke musholla dulu, terus melanjutkan perjalanan ke MAHARANI ZOO & GOA yang terletak di seberang WBL.

Dalam perjalanan ke musholla, ternyata ada beberapa wahana menarik yang sayang kalau dilewatkan. Kami menikmati dulu pemandangan indah yang tersaji di "Dermaga Pemancingan".

Dari Dermaga Pemancingan, kami singgah sebentar di arena "Texas City".

Ketua rombongan sudah berkali-kali mengingatkan waktu yang terus berpacu. Kami berjalan cepat menuju ke "Anjungan Wali Songo".

Musholla berada di area Anjungan Wali Songo.

Video:

SORE HARI DI "MAHARANI ZOO & GOA"

Selesai menunaikan sholat wajib, kami bergegas menuju pintu keluar WBL.
Kami harus berjalan melewati koridor depan WBL terus naik lewat jembatan penyeberangan yang menghubungkan WBL dengan "Maharani Zoo & Goa".

Sampai di lokasi, tiket langsung diserahkan ke petugas jaga. Suasana di dalam area Maharani Zoo & Goa sudah sepi dari pengunjung. Maklum, sudah hampir jam lima sore. Kami mempercepat langkah menuju ke Goa Maharani.

Sekarang "Maharani Zoo & Goa" merupakan tempat wisata yang dikemas dalam bentuk wisata goa dan kebun binatang. Namun baru sedikit binatang yang menjadi penghuni Maharani Zoo & Goa. Diantaranya burung flamingo, burung pelican, burung merak, buaya dan lainnya. Banyak kandang binatang yang masih kosong dan tertulis di papan namanya "segera hadir".

Petugas yang sedang piket bersikap sangat ramah dan berkata kalau tidak usah terburu-buru. Goa Maharani akan tutup nanti jam 18.00 WIB.
Syukurlah, kami tidak harus sport jantung lagi dengan berjalan cepat.

Kami menikmati pemandangan Goa Maharani dengan terkagum-kagum. Memandang keindahan stalagtit dan stalagmit goa Maharani.
Subhanallah... Sungguh hebat dan indah ciptaanMu, ya Allah.

Keluar dari Goa Maharani kami memasuki wahana "Geological".
Sebuah ruangan yang disetting mirip goa yang berisi koleksi bebatuan yang indah dan langka dari berbagai penjuru dunia.

Wisata Maharani Zoo & Goa adalah tempat wisata yang menggabungkan unsur wisata alam, hiburan dan pendidikan. Sangat bagus dan mengesankan buat tujuan wisata bersama keluarga.

Saat adzan Maghrib berkumandang, kami melangkah.. dengan hati yang riang.. meninggalkan area Maharani Zoo & Goa.

Terima kasih buat semuanya :

Buat Mas Fadjar (ketua rombongan yang perhatian & tegas), dik Hari (sponsor utama), aku & dik I'at (seksi umum merangkap seksi konsumsi), Adin, Naufal & Hanif (anggota yang sangat antusias dan semangat).

Terima kasih untuk rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang indah.
Happy family.., forever.
Aamiin...

Tips berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan :
  • Sebaiknya berangkat menuju WBL, saat masih pagi (buka jam 08.30). Kita bisa santai, nyaman dan puas menikmati semua wahana yang disediakan.
  • Bawa air minum yang banyak. Sebaiknya minuman yang manis / sari buah / jus buah (mencegah dehidrasi dan menambah energi, karena udara pantai yang panas dan kering).
  • Bawa topi / payung / pelindung kepala untuk menghindari teriknya sengatan sang mentari.
  • Bawa baju ganti. Buat anak-anak, minimal disediakan 2 stel pakaian ganti. Buat ganti setelah menikmati wahana "Permainan Air" dan buat ganti setelah berenang.
  • Pakai sandal atau sepatu yang nyaman. Area WBL sangat luas dan harus olah raga jalan kaki untuk menikmatinya.

SELAMAT BERLIBUR...
SELAMAT MENIKMATI WISATA BAHARI LAMONGAN
SELAMAT MENIKMATI MAHARANI ZOO & GOA.

(Ernik S.)
Photo by : dik Hari, dik Sholihah, Fadjar ER., Ernik S.

1. Makasih banyak informasi wisatanya. Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)

2. trims infox..... lengkap & pasti bermanfaat

3. Bisa minta Brosurnya gan,,,,thx

4. Informasi yang sangat membantu dan menjadi bahan inspirasi. Sukses selalu dan semoga bisa terus menyajikan info yang lebih menarik lagi.

Obat Pendarahan Kista | Pengobatan Tradisional Jantung Aritmia | Obat Infeksi Saluran Kemih | Obat Plak Pembuluh Darah | Obat Alami Demam Tifoid | Obat Sakit Sendi Paha

5. Kalian butuh bantuan untuk merencanakan perjalanan wisata, kami akan dengan senang hati membantu kalian. Kami menyediakan berbagai macam paket wisata Jawa dan Bali, dengan fasilitas armada yang baru dan bersih juga crew yang ramah - ramah menjadikan perjalanan kalian berkesan dan pastinya beda dengan yang lainnya.
    Semua paket kami sudah free dokumentasi yah, ada DSLR ada Kamera Underwater.

Kami melayani paket wisata :
    1. Malang - Batu
    2. Yogyakarta - Gunung Kidul
    3. Banyuwangi
    4. Bali
    5. Ziarah wali
    6. Study Tour & Outbound
    7. Dll sesuai permintaan

Ada promo menarik, bagi yang merefrensikan kami untuk menjadi agen perjalanan kalian dapatkan "CASHBACK".
    Untuk harga bisa di nego kok, jadi jangan takut harga mahal.

untuk info bisa Hub.
    SMS / WA : 085730077308
    BBM : 7ECC7D00

mau lihat history tour kami bisa langsung folow Instagram kami yah
    halo_indonesia

6. nanti kalau liburan ke jogja bisa order jasa sewa mobil ke jasa rental & sewa mobil jogja/yogyakarta becik transport